Hukum Rimba Jalanan

Wiisss, postingan kali ini bukan soal anarkisme atau premanisme jalanan ya, tapi lebih kepada perilaku berkendara. Langsung saja, jalanan itu adalah tempat bertemunya berbagai manusia dengan berbagai kepentingan, ada yg kerja, ngantar jenazah, ngantar istri atau pacar, jualan sampai bermainpun di jalanan. Karena jalanan ada beragam kepentingan di dalamnya jadi serta merta membuat orang selalu berusaha memenuhi kebutuhannya, ada yg karena takut dimarahi bos karena telat jadinya gaspol lupa rem, ada yg merasa kalo jalanan itu milik mereka berdua dll
Nah karena beragam itulah, kadang pengendara seolah lupa kalau jalanan itu milik bersama, lupa kalau ada juga pengendara lain turut berhak menggunakan jalan. Karena lupa juga, seringkali timbul permasalahan seperti kemacetan, penyempitan, ugal-ugalan, saling klakson, mendahului dari kanan kiri. Motor yg seharusnya berjalan di kiri, justru berjalan di kanan dan sebaliknya, mobilpun jalan di kiri dengan amat sangat lambat. Jadi ibaratnya di jalan itu sudah seperti hutan, dan hukum yg berlaku pun juga hukum rimba (hutan), siapa yg kencang maka dia yg jadi terdepan. Maka dari itu mulai muncul sirine dan strobo yg jelas-jelas peruntukannya hanya boleh dipakai oleh beberapa instansi saja, karena keinginannya untuk bisa jadi yg terdepan. Pendek kata, menghalalkan segala cara untuk bisa jadi yg terdepan. Bahkan ya, pada saat pagi hari ketika masuk sekolah maupun kantor, seolah jalan dua arah dijadikan searah oleh oknum biker yg gak paham etika berkendara, padahal hal tersebut selain merugikan kendaraan orang lain yg ada di jalur yg benar juga merugikan diri sendiri bila terjadi kecelakaan.
Sooo… Marilah kita (termasuk diri saya pribadi) berperilaku santun di jalan, berperilaku kotor di jalanan termasuk mencuri hak orang lain, sebaiknya di hentikan. Fungsikanlah motor sesuai dengan kodratnya sebagai alat transportasi, bukan sebagai teleportasi ke alam baka. Sekian, semoga bermanfaat dan selalu berkendara santun.

Iklan

Ditandai:, , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: