Dari Obrolan Secangkir Kopi

Malam itu ketika masih dalam suasana lebaran, ketika aku sedang tiduran karena kecapekan sehabis siangnya menghajar jalur offroad ringan di sekitaran Mojo. Pas lagi enak-enaknya rebahan, tiba-tiba hapeku berbunyi, ‘cit cit cuiiiit cit cuiit” seperti burung kenari :mrgreen: Wah dapat SMS dari siapa lagi nih? Kubaca SMS-nya yg tertulis “mas, aku nang Kediri. kopdar sak iki iso?” kubalas,”siapa ya?”
“cafebiker” dijawab begitu. Woke, badan capek gak masalah. Oke kopdar sambil ngopi di warung mbah Ni di daerah Mrican kota Kediri. kelupaan gak pesen nasi sekalian kwkwkwkwk

pict dari puteraduyong.com

Ngobrol ngalor ngidul basa-basi sampe suatu saat dapat pencerahan sedikit tentang gimana ngeblog yg baik. Dijelaskan oleh beliau, ngeblog itu atas dasar apa? Nyari duit atau hobi?
Kalo nyari duit, sebaiknya banyak-banyakin review motor, gosipin motor dan jangan lupa kasih tag yg banyak, biar tiap search pasti muncul di atas dan menaikan page rank yg sama halnya mengundang iklan. Masih menurut beliau, memberitakan hal yg belum jelas sama halnya dengan gosip, buat apa? pabrikanpun gak perlu di iklankan udah kaya. Lain ceritanya kalo emang benar-benar sudah mencoba sendiri, dan review secara jujur dan original tanpa ada kepentingan tertentu. Kalo emang buruk bilang buruk, jangan buruk di bilang baik, kecuali kalo emang niatnya dibayar.
Yang kedua, hobi. Jika menulis karena hobi, ya sajikan fakta dan data, atau minimal foto. Hobi itu gak dituntut tiap hari harus tayang, asal apa yg disajikan berbobot dan berdasarkan fakta atau berdasarkan pengalaman. Disini kita harus menyajikan sesuatu yg berguna bagi para pembaca.

oke, gimana caranya menulis yg baik? Sajikan fakta, jangan menulis hal yg belum pernah dilihat maupun dirasakan, menulis tanpa fakta sama halnya seperti karangan anak SD pergi tamasya ke pantai walaupun belum pernah ke pantai, bisa dibayangkan? Selanjutnya data, darimana kalian dapat data tersebut? Apakah data tersebut bisa dipertanggung jawabkan, atau juga cuma gosip? Jika ada foto yg berasal dari blog lain ya sudah kewjiban untuk menayangkan sumber foto tersebut, tanpa merubah warna, bentuk dan juga watermark (jika ada), karena kalo kita menghapus sebuah watermark itu sama saja mencuri hak kekayaan intelektual, gak mau kan dipanggil pencuri?
Selamat ngeblog dengan hati dan tetap safety riding.

Iklan

4 thoughts on “Dari Obrolan Secangkir Kopi

  1. bapakeVALKYLA 6 Oktober 2012 pukul 15:54 Reply

    setuju sama tulisan ini…

  2. modern classic furniture 8 Oktober 2012 pukul 10:29 Reply

    salam persahabatan ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: