Pilah-Pilih Modem

Sekali-kali bicara tentang internet ahhh. Tapi yg aku obrolin disini tentang device-nya atau modem. Buat kalian yg lagi bingung harus memilih modem yg akan kalian pilih, aku punya pengalaman yg mungkin akan berguna bagi kalian. Ada beberapa aspek yg bisa dijadikan acuan dalam memilih modem.

1. HARGA, sesuaikan dg isi kantongmu. Jangan gelap mata dan gelap kantong ama spesifikasi yg tinggi walau duit cekak.
2. SPESIFIKASI, buat apa spesifikasi tinggi toh nantinya juga kurang difungsikan, percuma tho alias mubazir. Disini juga termasuk spek daya download dan upload plus jaringan. Untuk di Indonesia download 3.5Mbps sudah lebih dari cukup, toh biasanya palingan gak sampai 2Mbps (aku pernah nyampe 2.75Mbps) itupun masih dibatasi lagi dg PUP eh FUB ding…. Jadi percuma tho beli modem yg berjaringan 7.5Mbps sampai ada yg udah LTE. LTE belum ada regulasinya di Indonesia, wong 3G aja masih eker-ekeran.
3. FITUR, sebenernya masuk ke spesifikasi, tapi daripada bejibun, aku pindah aja ke segmen bawahnya. Kalo kamu menggunakan modem hanya untuk internetan saja, mending pilih modem yg spesifikasinya hanya internet saja tanpa ada tambahan memori card, gps, atau lainnya.
4. MERK, kalo bisa pilih merk yg telah terkenal, macam huawei, sierra (bukan serra lho ya), zte. Merk lokal juga bagus, tapi kalo bisa pilih yg ada masa garansi yg panjang, semakin panjang semakin bagus dan tentunya semakin mahal pula.
Kalo sudah ada angan-angan mau beli modem apa, cari referensi dan review terkait modem yg akan dipakai sebanyak-banyaknya asal jangan latah atau ikut-ikutan ya.
Lha kalo saya pake apa? Cukup pake ZTE mf190b download 3,5Mbps, tanpa fitur tambahan macam memori card reader, gps atau tetek bengek lainnya, harga (relatif dan tergantung toko) 200ribu di kota Kediri. Kelemahannya adalah cepat panas, tp bisa dikadali dg menaruh uang koin di atasnya (penghantar panas). Aku pernah make bisa dapat 2,75Mbps dg kartu axis (sebelum FUB) di jam 03.00 pagi hari.
Oke, semoga pengalamanku bisa membantu kalian dalam memilih modem, ada yg mau nambahin?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: