Diskriminasi di dunia pendidikan

Postingan ini adalah bentuk kekecewaanku pada salah satu lembaga pendidikan di kotaku (di Indomesia juga kali).

Alkisah, dulu pas taun 2000, aku lulus smp dg nilai lumayan. Nah, impianku setelah lulus smp, aku mo mendaftar di sebuah sekolah kejuruan negeri. Soal nilai kemungkinan besar lolos, pede lah. Nah pas daftar di sekolah tsb, mataku dibuat terbelalak saat lihat syarat masuknya. Busyeeet… Sekolah kejuruan (stm) hanya menerima siswa dg tinggi badan diatas 165cm untuk putra dan 160cm untuk putri! Lha tinggiku saat itu cuma 150cm. Ya ampuun, kayak sekolah taruna saja. Akhirnya aku mendaftar di smu negeri 7 kediri.
Nah, yg tetep jadi pertanyaan, kenapa tinggi badan dipermasalahkan? Toh kejuruan yg aku pilih gak berkaitan dg tinggi. Gimana Indonesia bisa maju kalp dalam pendidikan saja ada diskriminasi? Memangnya yg boleh sekolah di kejuruan negeri hanya yg mempunyai fisik sempurna? Tak sedikit orang dg kekurangan mampu bekarya. Kalo mau Indonesia maju, mulailah dari pendidikan.

Iklan

2 thoughts on “Diskriminasi di dunia pendidikan

  1. abdullah 27 Maret 2012 pukul 08:15 Reply

    skedar info aja, kbetulan ane alumni STM juga
    pendidikan kejuruan (STM) itu pendidikan yang meyiapkan muridnya ketika lulus itu siap pake alias langsung krja ditempatkan ke perusahaan, dan mengenai postur tubuh itu memang syarat masuk kerja ke perusahaan, dan biasanya beberapa STM termasuk sekolahku punya channel ke beberapa perusahaan untuk memasok tenaga kerja, jadi syarat tinggi badan biasanya itu sudah diperhitungkan pihak sekolah dan permintaan perusahaan rekanan sekolah tersebut.
    ini kondisi disekolahku dlu, klo yang lain gak tahu ya….

    • phantomxy 27 Maret 2012 pukul 08:34 Reply

      lha iya, tapi yok mbok yao tidak diberi batas syarat…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: