Kapan sebaiknya ganti ban luar?

Ban merupakan salah satu hal yg harus mendapatkan perhatian ekstra. Bukan bermaksud menakuti tp pada ban kita menaruh nyawa kita (halah lebay).
Nah, masa pake ban itu tergantung pada kedalaman ban (selain dari lama ban). Nah kapan ban luar sebaiknya diganti?
Produsen ban umumnya udah menyediakan indikator kedalaman ban (lihat gambar di dalam lingkaran). Jika indikator itu udah mulai kegerus maka ya sebaiknya diganti yg baru.
Kenapa? Kan masih keliatan alur bannya?
Iya bener masih keliatan, tp kalo ujan air tidak bisa meluncur ke samping ban, dan akibatnya terjadi gejala ngambang. Kalopun mampu mengatasi, mungkin hanya ugil-ugil, kalo gak ya makan aspal.
Tapi kan mahal. Gak punya duit.
Makanya, tiap melakukan perjalanan ikut juga menabung sebesar 2000 rupiah nanti kalo ban udah aus baru diambil untuk beli ban.
Sampean juga gt?
Gak πŸ˜€
Lha terus selain kedalaman alur ban, indikator ban harus ganti apalagi?
Woh banyak. dari tekstur, jika udah keras (sopo sing gelem mangan ban) harap diganti karena ban sudah sulit mencengkeram aspal
Emang punya cakar?
Mbuh
Trus apa lg?
Lanjutnya, jika ban udah mulai retak, sebaiknya diganti. Kalo dibiarkan, retaknya akan tambah lebar dan bisa meletus Wah koyok mercon?
Mercon gundulmu kuwi. Wis ah mulih ae….

Iklan

6 thoughts on “Kapan sebaiknya ganti ban luar?

  1. tovavanjava 12 Maret 2012 pukul 11:45 Reply

    ban depan ku udah retak2… πŸ˜€
    arep ganti durung duwe duit..? gelem nukokke ra kang? πŸ˜†

    • phantomxy 12 Maret 2012 pukul 11:52 Reply

      Wegah… Lha aku wae tak rewangi mentelengi ratan Γ© kwkwkwkwkwkwkwk

  2. Maskur 12 Maret 2012 pukul 11:51 Reply

    sing jelas nek wes duwe duit
    wkwkwkwkwwk

  3. Ryo 12 Maret 2012 pukul 12:05 Reply

    manut dompet… πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: