Mau yg basah atau yg kering?

Di dunia ini hidup 2 jenis baterai motor atau accumulator atau accu atau aki (asal bukan aki-aki). Ada yg basah, ada yg kering. Tinggal pilih, mau yg mana, berikut plus minus aki kering dan aki basah

Aki kering atau yg biasa disebut aki MF (maintenance free/bebas perawatan) memiliki keunggulan tak perlu cek up setiap bulan istilahnya gak bulanan, hihihi. Tapi, gak selamanya aki ini tak perlu di rawat, sebaik apapun kalo gak dirawat ya samajuga bo’ong. Bila make aki ini harus telaten mencaci maki motor (memanasi, red). Kenapa? Karena aki jenis ini bila sering tidak dipake, justru akan mudah soak, jadinya beli lg yg baru. Nah jika beli baru ada baiknya jangan dipasang (kata suhu sjam di serayamotor lho) tetapi ces dulu (sama lah kaya kalo kita beli baterai hape).

Kemudian aki basah, aki jenis ini kalo bisa harus tiap minggu (maksimal sebulan sekali) ngecek tinggi air aki, jika kurang ya ditambahi. Kalo menambahkan air aki jangan sampai melebihi batas atas ya, soalnya bisa-bisa airnya mucrat keman-mana sehingga bikin karat dimana-mana. Dan aki jenis ini selalu keluar tepung di kutub negatif (punyaku). Sekedar info kalo habis ngisi air, jangan langsung stater pake elektrik, tapi gowes dulu pake kick stater. Biar awet…… Oke, ada yg nambahin ato benerin?

foto dari otomotifnet.com

Iklan

6 thoughts on “Mau yg basah atau yg kering?

  1. doq 15 Januari 2012 pukul 01:54 Reply

    kurang tahhhhh………..
    -selalu rutin cek kepala aki, bersihin dari kerak2 yg putih itu karena bisa mengganggu supply listrik dr batre ke system kelistrikan.
    -utk motor yg aki nya udah ganti non standard, pastikan dimensi nya sesuai dengan tempat aki, klo aki nya lebih kecil mesti diganjel agar pas dan tidak goyah karena getaran (bisa mengakibatkan konektor lepas), klo aki nya lebih besar dr tempat aki; bisa diakalin dg cara: ganti motor yg tempat aki nya lebih besar wakakakakakak ngacirrrrrr

    • phantomxy 15 Januari 2012 pukul 06:47 Reply

      Wakakakakaka, benul…
      wah ada om doq mampir dimari

  2. bapakeValen 16 Januari 2012 pukul 08:19 Reply

    pengalaman pakai 2 jenis itu. lebih awet yg basah. asal dirawat dgn benar, bisa sampai 3th lho..

    • phantomxy 16 Januari 2012 pukul 10:57 Reply

      Punyaku malah 4 tahun. Hehehe

      • doq 28 Januari 2012 pukul 08:28

        aki kering dimotor ane udah dr 2006 lho 😀 😀

      • phantomxy 28 Januari 2012 pukul 09:35

        Wah, ampuuun…… Kwkwkwkwkwk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: