Kemana Aku Harus Mengadu?????

Beberapa hari ini aku pusing 99 keliling, bukan lantaran masalah rusaknya motor. Tapi masalah surat BPKB ceritanya gini…
3 tahun lalu aku membeli motor di sebuah dealer di luar kota (Nganjuk) yg merupakan salah satu cabang dari dealer suzuki terbesar yg ada di Kediri namanya INDOJAYA MAKMUR ESTUSAE dg sistem kredit. Awalnya lancar jaya tanpa ada masalah. Aku pertama kali membayar angsuran di dealer cabang, kemudian oleh petugas survey dianjurkan dibayar ke dealer pusat itu tadi (kan dekat rumah).
Nah, selama 33 bulan aku selalu membayar tepat waktu di dealer tsb. Baru angsuran ke 34 kantor dialihkan ke salah satu hotel di kediri. Okelah, gak apa.
Angsuran ke 35 balik lagi ke tempat semula (dealer), masih bisa. Nah angsuran ke 36 baru ruwet, menuju dealernya udah tutup. Untung saja ada penjaga yg bilang ‘coba tanyakan ke hotel,mungkin aja ada di sana’. Kesana dah, eh setelah disana ama satpamnya malah dibilangi kalo gak ada. Walaaah, lha ini mau membayar aja repotnya bukan maen apalagi ngurus BPKB! Terus kemana lg aku harus memenuhi kewajibanku dan mendapatkan hakku?
Sungguh ironi, tempat yg dahulunya diresmikan oleh petinggi suzuki, kini mangkrak dan ‘wasalam’…
Wis, muga aja konsumen yg masih terikat masalah bisa diselesaikan dg baik. Karna apa? Aku nemu salah satu konsumen yg bahkan BPKBnya belum keluar padahal sudah lunas.
Sebenernya aku takut menulis tentang ini di blog (takut di’prita’kan), tapi mau apalagi, gak tau harus kemana aku mengadu? Hanya rumput bergoyang yg tau jawabnya. Huh!!!!!!!!

Iklan

Ditandai:, , , , ,

37 thoughts on “Kemana Aku Harus Mengadu?????

  1. […] sekalian, TMCBlog merasa ikut Prihatin dengan nasib yang dialami oleh Bro Panthomxy . . . Beliau ini membeli sebuah motor di sebuah dealer di Kediri dengan cara mengkredit semenjak 3 […]

  2. Pino Kio 5 Mei 2011 pukul 12:25 Reply

    TURUT PRIHATIN BRO…

  3. boga vespa doang 5 Mei 2011 pukul 12:28 Reply

    ko nasibnya kek motor china ,,,parah bangets

  4. Rockstone 5 Mei 2011 pukul 12:30 Reply

    gini bro,…
    ini cuma saran aja yahh
    jika kredit sudah lama, dipastikan mas bro tau leasing yang digunakan.

    nah leasing dan dealer adalah perusahaan yang berbeda, dan setau saya, BPKB sampeyan itu pasti adanya di leasing, bukan di dealer.

    dan setau saya juga, pembayaran angsuran terakhir hanya bisa dilakukan di leasing tersebut, karena datanya hanya leasing yang pegang, jadi kalo sampeyan mau bayar angsuran terakhir itu ngga bisa.

    silahkan datang langsung ke leasing nya dan jangan lupa bawa stnk dan ktp sesuai dengan nama stnk.

    silahkan langsung proses dijamin bisa diambil bpkb nya saat itu juga.

    kalau masih belum bisa silahkan balas komen saya yah
    mudah-mudahan cukup membantu.

    • Virus 5 Mei 2011 pukul 12:57 Reply

      setuju ama komntar ini…

  5. asmarantaka 5 Mei 2011 pukul 13:10 Reply

    biasanya kan bayarnya di leasing om..kalo yamaha ya di BAF

    • Hery 5 Mei 2011 pukul 13:13 Reply

      iya bro,.. biasanya di BAF kalo ngga di Adira.

  6. nunoe 5 Mei 2011 pukul 13:17 Reply

    ane nyicil Nyi Iteung pake Leasing yg lain..bukan leasing yg dah terkenal macem BAF ato ADIRA…
    coba aja ditanyain ke pihak leasingnya…
    ato tulis sejelas2nya disini leasingnya apa..mungkin nanti ada bro bro sekalian yg bisa bantu…
    ngga usah takut..kita perjuangin hak..

  7. phantomxy 5 Mei 2011 pukul 13:22 Reply

    Iya bro, makasih lho dah mampir
    Memang biasanya memakai leasing atau pihak ke tiga, dan mbayarnya pun di pihak 3. Aku tau soal tsb. Tapi yg ini bukan ditangani oleh leasing, tp ditangani oleh dealer, lha minta surat untuk bayar pajak aja di dealer, berarti kan harusnya ya lewat dealer juga penyelesaian administrasinya. Lagian dari awal gak disuruh bayar ke pihak manapun, hanya ke dealer tsb

    • Hery 5 Mei 2011 pukul 14:04 Reply

      ohh gitu,…
      namun belum tentu juga ngga pakai leasing bro,…

      pembelian secara kredit itu ada 2 macam.
      1. Leasing = Bank penyandang dana yang memberikan pinjaman berupa uang (yang digunakan untuk membeli motor) kepada konsumen.
      2. Avalyst = Dealer langsung yang memberikan pinjaman kepada konsumen.

      Nah kredit pada umumnya adalah yang no.1, jarang sekali dealer mempunyai leasing sendiri (avalyst).

      walau tadi disebutkan bahwa pembayaran melalui dealer, tetap tidak menutup kemungkinan bahwa anda tetap menggunakan leasing.
      karena sekarang banyak dealer yang sudah bisa menerima pembayaran kredit leasing untuk memberikan service lebih kepada konsumen dan untuk membuat konsumen kembali ke dealer.

      Mohon di telaah kembali kreditnya melalui apa.?

      kalau memang avalyst yah cara satu-satunya melalui bantuan dari ATPM, karena pada saat ATPM memberikan ijin kepada satu pihak untuk membuka dealer telah melalui pertimbangan yang matang, di lihat dari kapasitas dan juga finansial nya.

      silahkan cek no.mesinnya dan hub ke pabrikan (kalau avalyst) dan nanti akan diketahui dealer penjual asli nya ada dimana. dan berangkat dari sana bisa meminta bantuan kepada pabrikan.
      CMIIW

  8. N4N4N6 5 Mei 2011 pukul 14:07 Reply

    Perjanjian akad kredit msh di simpan ngga ??? biasanya itu bukan dengan dealer tp pihak leasing ( pihak ke 3 )

  9. phantomxy 5 Mei 2011 pukul 14:14 Reply

    Wah, sudah agak terbuka nih.
    Mungkin yg kedua itu bro, coba besok aku tanyakan ke suzuki finance. Siapa tau aja ada penyelesaiannya

  10. Hery 5 Mei 2011 pukul 14:27 Reply

    ya bro,… semoga aja yah
    semoga cepat beres juga,
    ngga usah ragu untuk telp ke hotline nya atpm
    mereka welcome untuk permintaan bantuan seperti itu.

  11. idr 5 Mei 2011 pukul 15:28 Reply

    sabar mas bro

    walaupun saya belum bisa kasih solusi, saya doakan semoga aman2 aja

  12. phantomxy 5 Mei 2011 pukul 15:55 Reply

    @hery, tadi aku datangi langsung suzuki finance, dan katanya gak ada ikatan dg dealeR tsb. Kemudian disarankan ke lembaga bpr (segroup) dan katanya daftarnya gak ada disitu, yah, bingung dewh

    • Hery 5 Mei 2011 pukul 16:16 Reply

      begitu yah,…..

      kalo gitu terpaksa minta bantuan atpm deh bro,..
      telp aja ke customer care nya,..

      mudah-mudahan bisa terselesaikan.
      sedikit banyak, pihak ATPM pun harus bertanggung jawab bro, karena mereka yang ngasih ijin dealer untuk buka.

  13. Semar 5 Mei 2011 pukul 16:01 Reply

    Mas ada beberapa hal yang belum jelas nech,

    mas Phantom mestinya harus tau dulu itu kreditnya lewat mana ? lewat perusahaan leasing ataukah lewat Dealernya ? Klo lewat Leasing mestinya BPKB mas ada dileasing tersebut..

    Cara ngeceknya mungkin bisa dilihat dari kuitansi setorannya disitu yang mengeluarkan kuitansi (penerima uang siapa) ? atau kopnya kopnya siapa …

    nah yang agak ribet klo ternyata mas kredit dengan dealernya….
    Keep Safety Riding

  14. Imaniz 5 Mei 2011 pukul 17:05 Reply

    Iya mas, cb diliat lwat leasing ato dealer. Kalo emang lwat dealer,cb dilaporkan ke main dealer Suzuki Jatim ato lgsg ke Jkt,sapa tw bisa bantu. Yg penting bukti2 pembayaran msh ada smua.

  15. Warwer 5 Mei 2011 pukul 17:49 Reply

    Klo srh byr didiler,suzuki pake suzuki finance,honda FIF,yamaha BAF…Kecuali diler tsb krjasma dgn lesing lainya ato ada yg krjsma dgn BPR….Coz klo lesing spt OTO,ato Adira,biasanya disuruh byr dikantornya,klo ga lwt kntrpos…

  16. terong amnesia 5 Mei 2011 pukul 18:10 Reply

    walah ruwet kiye… moga cepet beres urusane… 😦

  17. Taufik 5 Mei 2011 pukul 18:38 Reply

    Alhamdulillah banyak yang kasih pencerahan . . . semoga lancar mas bro, banyak banyakin stok sabarnya ya 🙂

  18. phantomxy 5 Mei 2011 pukul 19:16 Reply

    Nah permasalahannya aku bayarnya di dealer, kuitansi atas nama dealer, semua lewat dealer. Gak ada yg lewat pihak 3.
    tadipun sudah ada yg memiliki keluhan sama sepertiku. Coba nanti kutanyakan atpm serta maindealer jatim.

  19. Dismas 5 Mei 2011 pukul 21:49 Reply

    Oalah… Lagi lagi Suzuki… Wah, kalo gitu caranya bisa – bisa kalah sama Bajaj…

  20. aryo seto 5 Mei 2011 pukul 22:06 Reply

    Biasa itu bos… ane lg blog walking ini… mohon bantu ya promoin blog ane.. mau donk diajarin juga ngeblog yang oke bagaimana… salam btw met ultah.. ^_^

  21. aryo seto 5 Mei 2011 pukul 22:07 Reply

    maap ralat met ultahnya salah ketik hehehe…

  22. hi hi hi 6 Mei 2011 pukul 03:30 Reply

    Cari tahu kontak bos besar dealernya mas (yg punya), kalo mbulet ae bikin laporan bpkp hilang, buat baru. Moga cepet kelar urusannya ya mas.

  23. Vespa Ijo Rider 6 Mei 2011 pukul 09:19 Reply

    22. hi hi hi – 6 Mei 2011

    Cari tahu kontak bos besar dealernya mas (yg punya), kalo mbulet ae bikin laporan bpkp hilang, buat baru. Moga cepet kelar urusannya ya mas.
    Balas
    ===================

    he.. he.. itu cara ekstrim utk nyelesein masalah..

    masalah yang laen bakal timbul kalo ente mo ngejual motor ente..
    harga jual motor ente bakalan kena diskon, soalse “kedetek” pake BPKB pengganti… itu kata pedagang lho..!!!

  24. Hery 6 Mei 2011 pukul 10:13 Reply

    tetap optimis lah bro,…
    kalau memang bro beli nya lewat dealer ya sudah berarti avalyst seperti yang saya jelaskan diatas.

    tempuh aja lewat jalur resminya, jangan pikir untuk buat bpkb duplikat dulu, karena makan biaya dan waktu yang lama.

    hub atpm dan main dealer aja deh,…
    kalau masih ngga memberikan respon, tulis aja di surat pembaca, pasti atpm langsung baca tuch.
    dan dijamin langsung dapat respon.

    selama bukti2 masih ada dan yakin kita benar yah ngga usah khawatir bro,..

    cuma balik lagi kita tempuh dengan jalur resmi yah.

  25. phantomxy 6 Mei 2011 pukul 15:26 Reply

    Iya bro, ni mau aduin ke surat pembaca, polisi, atau ylki?
    tadi aku dapat info katanya ntu dealer sedang sengketa.

  26. Haryathama 6 Mei 2011 pukul 15:29 Reply

    ke surat pembaca aja dulu bro,…
    pasti dapat tanggapan deh

    ngga usah tergesa untuk ke polisi, karena bukan pidana.

    semoga berhasil yah,…
    masukin aja ke kompas dan detik

    mudah2an cepat selesai

  27. phantomxy 6 Mei 2011 pukul 16:30 Reply
  28. Haryathama 6 Mei 2011 pukul 16:36 Reply

    apa tuch keputusannya..??
    males download nya hehe

  29. gogo 7 Mei 2011 pukul 23:50 Reply

    moga cepat dicari solusinya ..

  30. triw 8 Mei 2011 pukul 12:45 Reply

    coba komplen via email ke website ATPMnya brow

  31. aydut 12 November 2011 pukul 16:23 Reply

    wuahhh … ini kan kantor dulu tempat kerjaQ dulu 3 tahun yang lalu… Astaugfirullah kug bisa jdi kayak gini ea PT.IJME .. semga cpet bisa terselesaikan smua msalahx customer suzuki:)

  32. JohanSweet Road Race 12 November 2012 pukul 23:12 Reply

    aq beli n kridit thunder jg dstu low wah2 bankrut io, gni ae pean lapor polisi,, mesi bukan pidana mnta j solusinya gmn klo polisi ga mau ngurusi tulis ja ke media masa beres,,,,

    • phantomxy 13 November 2012 pukul 22:21 Reply

      kebetulan saya udah selesai mas-e, BPKB udah aman,
      Soal punya sampean, coba liat kuitansi pembayaran, nah kalo kodenya (kiri atas) SWA, pean hubungi aja langsung PT Swadharma Indotama Finance di Surabaya, tapi selain itu ya maaf aku gak bisa bantu.
      Ngemeng-ngemeng ki opo sing takon pak Tri terus dikongkon takon bocah kae?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: