Gethuk gedhang asli kediri

Mungkin untuk anda yg pernah pergi ke kota kediri pasti sudah pernah tahu makanan tradisional ini. Kota Kediri tak hanya terkenal dg tahu kuning saja loh! Sebenernya bukan makanan sih tapi berupa camilan :mrgreen: , camilan tradisional dan hanya ada di kota kediri. gethuk gedhang yup, namanya gethuk pisang(gedhang).
Nah, mumpung belum ada yg mengklaim buatan negara tetangga, jadi ku infokan dulu :p

Gethuk gedhang ini tentu saja terbuat dari pisang (kalo gak salah dari varietas kepok, ntar tak tanyaken lg ama emak). Pisang yg udah dipilih dan direbus tapi gak terlalu matang, kemudian dihaluskan dan diberi gula secukupnya. Nah setelah dihaluskan, pisang halus tadi dibugkus dg daun pisang seperti membungkus lontong. Lho kok gak pake plastik?
Agar rasa yg dihasilkan lebih terasa nikmat dan mantab. Setelah dibungkus, kemudian dikukus. Dan setelah dirasa matang barulah gethuk pisang bisa dinikmati. Tapi alangkah nikmatnya jika disajikan dalam keadaan dingin.
Tapi bila tak ingin repot, datang saja ke kota Kediri, toh sudah banyak bertebaran toko yg menjual gethuk gedhang ini.

Iklan

6 thoughts on “Gethuk gedhang asli kediri

  1. Maskur® 18 November 2010 pukul 13:55 Reply

    wah saya suka itu
    **tumben ada fotonya** :mrgreen:

  2. phantomxy 18 November 2010 pukul 20:30 Reply

    Lho?? Lha di kotanya sampean ada yg jual gethuk pisang juga?
    Lha kemajuan tho pak dhe… sekali-kali ada potonya

  3. touringrider 3 Desember 2010 pukul 05:21 Reply

    gethuk pisang.. godhong gedhange biasane kandele ngalahne gethuke.he3

  4. phantomxy 3 Desember 2010 pukul 18:59 Reply

    Kwkwkwkwk ho oh bener kandamu, kandel godhonge tinimbang gethuke

  5. ebi malang 12 Maret 2011 pukul 16:01 Reply

    mank enag bget gethuk pisang it…tpi q pngen lyat prosesnya bisa gak kira2…
    blez q yaw d emailq ne…please..ma’achi…^_^

  6. […] sebuah kota kecil yg terkenal akan makanan khasnya seperti gethuk pisang dan tahu kuning yg sudah melegenda, atau krupuk kerenya kalo keseniannya ada tuh jaranan. Kediri […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: