rokok dan permasalahnya

Rokok, sebuah benda yg selalu menuai pro dan kontra. Di satu sisi rokok berdampak buruk terhadap kesehatan tapi tanpa menutup mata, rokok juga mampu menghidupi sekian juta orang
Memang, aku adalah seorang perokok.
Rokok merugikan kesehatan, entah berapa jenis penyakit yg ditimbulkan rokok, mulai dari kangker sampai kantong kering :mrgreen: dan aku tak bisa memungkirinya tapi amatlah picik jika kita hanya melihat masalah hanya satu sisi saja. Untuk usaha rokok dalam skala kecil saja sudah menelan ratusan pekerja langsung contohnya tukang linting, tk racik, dan sopir. Selain itu juga menelan pekerja tak langsung misal pengecer rokok, petani tembakau dll. Jadi jika kita mematikan satu saja pabrik rokok kecil, berapa ratus orang saja yg kehilangan pekerjaan. Lain dari itu, di masyarakat sudah tercipta adat merokok. Amatlah tak ‘etis’ bila kita cangkrukan dg para sepuh menyuguhkan permen, lha ya gak pantes tho?
Tulisan ini bukan maksudku melegalkan perbuatanku, tapi murni pemikiranku, toh aku sadar kalo rokok itu tak menyehatkan. Yah, mungkin saatnya kita bersama-sama memikirkan cara untuk menanggulangi serta mencari solusi tentang masalah rokok ini, agar nantinya tak ada yg merasa dirugikan.

Iklan

3 thoughts on “rokok dan permasalahnya

  1. Maskur® 20 Oktober 2010 pukul 05:19 Reply

    aku udah nulis beberapa kali tentang rokok

  2. ainove 20 Oktober 2010 pukul 05:21 Reply

    lalu menurut anda sendiri, apa kira2 solusi yang tepat agar rokok tdk lagi bermasalah???

  3. phantomxy 20 Oktober 2010 pukul 08:43 Reply

    @pak dhe, ho-oh, aku juga pernah baca kok
    @ainove, nah itu dia yg aku kagak tau jawabannya hehehe
    seandainya nih, pabrik rokok ditutup. akibatnya ya makin banyak pengangguran, nah… disini peran pemerintah dalam hal ini dinas tenaga kerja untuk membuat lapangan kerja yg mampu menampung banyak tenaga kerja wanita. kenapa? mayoritas pekerja pabrik rokok kebanyakan wanita dan tak lulus pendidikan dasar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: