oversquare dan undersquare

Well,,, udah banyak orang yg gak ngerti dan gak mau tahu akan karakter dan sifat dari mesin kendaraannya. Karakter mesin dibedakan menjadi 3 yaitu oversquare, undersquare, dan square. Apa tuh?
Oversquare=>> merupakan spesifikasi mesin yg memiliki diameter piston/bore lebih besar daripada panjang langkah/stroke. Sebagai misal mesi A memilili bore 52mm dan stroke 48mm, mesin ini memiliki kelebihan tahan di rpm tinggi, torsi dan power didapatkan pada rpm tinggi
Undersquare=>> merupakan spesifikasi mesin yang memiliki diameter piston/bore lebih kecil daripada panjang langkah/stroke. Misal mesin B memiliki bore 45mm dan stroke 48mm, mesin ini memiliki kelebihan mudah mendapatkan torsi dan power di rpm rendah serta lebih hemat BBM.
Square=>> merupakan mesin yg memiliki bore sama dengan stroke. Misal mesin C memiliki bore 48 dan stroke 48, merupakan gabungan dari kedua tipe mesin diatas.

Iklan

2 thoughts on “oversquare dan undersquare

  1. M.R. Episode Kemesraan di Atas Motor 19 Januari 2010 pukul 23:01 Reply

    Yang jelas oversquare = over bore = akselerasinya cepat dan RPMnya bisa tinggi
    kalo undersquare = over stroke = torsinya gede, di tanjakan lebih bertenaga, dan secara teori lebih irit, karena gak perlu RPM tinggi
    betul betul betul

  2. phantomxy 28 Januari 2010 pukul 01:28 Reply

    benul…
    sorry mas, masuk mods lama…
    nanya ya… kalau koment biar langsung tampak gimana caranya? 😀
    gak ngarti soalnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: